Fresh Juice 5 Agustus 2015 – Mat. 15:21-28 : Iman bisa meruntuhkan segala pembatas

Play

Pembawa Renungan : Rm John Laba, SDB
Jakarta

Mat. 15:21-28

Lectio:

Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon. Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: “Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita.” Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: “Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak.” Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: “Tuhan, tolonglah aku.” Tetapi Yesus menjawab: “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.” Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.” Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: “Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Demikianlah Injil Tuhan kita

Terpujilah Kristus.

Renungan:

Iman bisa meruntuhkan segala pembatas

Ada seorang umat di sebuah paroki menulis statusnya di media sosial, bunyinya, “Romoku  di sini sukanya “JaRumSuPer” (Jarang di rumah suka pergi). Saya menduga bahwa umat ini kemungkinan sudah merasa emosi tingkat dewa karena melihat para romo di parokinya suka pergi melayani di luar parokinya dari pada di parokinya sendiri. Artinya para romo dengan sadar telah melalaikan tugas pokoknya sebagai gembala di parokinya dan dan memilih melayani di luar teritori paroki-nya. Umat dengan polos mengatakan pengalaman sekaligus koreksi persaudaraannya kepada para romo selaku gembala untuk tetap focus dalam melayani umat yang dipercayakan Tuhan Yesus kepadanya. Ya, Romo juga berkeliling untuk berbuat baik, hanya bisa keliru karena lupa tugas utamanya.

Adalah St. Petrus. Dalam pengajarannya kepada Perwira Kornelius dan keluarganya di Kaisarea, ia bersaksi tentang Tuhan Yesus Kristus yang sudah wafat dan bangkit. Menurut Petrus, “Yesus dari Nazaret itu mengalami pengurapan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.” (Kis 10:38). Perkataan Petrus bahwa Yesus berkeliling dan berbuat baik, hanya mau mempertegas maksud dan cita-cita Yesus di dalam Injil Lukas, ia berkata: “Juga di kota-kota lain Aku harus memberitakan Injil Kerajaan Allah, sebab untuk itulah Aku diutus. Ia memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat di Yudea” (Luk 4:43-44). Yesus mengutus para murid-Nya dengan pesan, “Pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel” (Mat 10:6). Para murid sebisa mungkin menghindari daerah kaum kafir dan kota-kota di daerah Samaria.

Perkataan Yesus ini diikuti dengan sempurna oleh para murid-Nya. Kali ini, Ia bersama para murid-Nya keluar dan masuk dari kota dan desa-desa untuk menghadirkan Kerajaan Allah. Kita barusan mendengar kisah perjalanan Yesus dengan meninggalkan Galilea menunju ke daerah Tirus dan Sidon. Secara geografis, Yesus dan para murid-Nya melakukan perjalanan dari Galilea ke Tirus dan Sidon sejauh 86, 58 km atau sekitar 53,8 miles. Daerah ini dihitung sebagai daerah di luar komunitas Yahudi. Namun Yesus mau mengubah pola pikir lama dan egoistis bangsanya bahwa daerah di luar komunitas Yahudi pun memiliki hak hidup yang sama, hak untuk mendapat keselamatan dari Yesus yang satu dan sama. Yesus  sendiri mau menunjukkan kasih dan kuasa-Nya bagi semua manusia. Dialah Anak Allah yang mengasihi dan menyelamatkan semua orang.

Di daerah Tirus dan Sidon, Yesus berjumpa dengan seorang wanita Kanaan yang anak perempuannya sangat menderita kerasukan setan. Wanita itu dengan sangat memohon  kerelaan Tuhan untuk menyembuhkan anaknya. Namun Yesus seolah-olah tidak mendengarnya, bahkan para rasul berpikir untuk meminta Yesus supaya mengusir wanita Kanaan itu karena mengganggu perjalanan mereka. Tentu saja Yesus mempertimbangkan dengan matang tindakan apa yang harus dilakukan-Nya di tanah asing ini. Ia lalu membuat perbandingan antara roti sebagai makanan anak-anak manusia dan anjing si hewan kotor, simbol orang asing atau kafir dalam pandangan orang masa itu. Yesus berkata: “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.” (Mat 15:26). Wanita itu menjawab Yesus, “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.” (Mat 15:27). Yesus melihat iman wanita itu besar sehingga Ia menyembuhkan anaknya yang kerasukan setan. Iman wanita itu bisa menyembuhkan anaknya.

Perikop Injil ini memberikan kepada kita nilai-nilai Injil yang sangat bagus. Pertama, di pihak Yesus, Ia datang untuk menyelamatkan semua orang. St. Paulus benar ketika berkata, “Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani. Karena Allah yang satu dan sama itu adalah Tuhan dari semua orang, kaya bagi semua orang yang berseru kepada-Nya.” (Rm 10:12). Kita dipanggil untuk mengasihi semua orang seperti Tuhan sendiri. Kedua, Wanita Kanaan. Memiliki iman yang besar. Imannya dipuji oleh Tuhan Yesus. Imannya itu menyembuhkan anaknya yang sakit. Apakah kita sebagai orang yang dibaptis, mengakui diri Kristen artinya Kristus kecil juga memiliki iman yang besar, bahkan melebihi wanita Kanaan ini? Mari kita bertumbuh dalam iman. Ketiga. Para murid Yesus kelihatan pasif dan merasa bahwa kehadiran wanita Kanaan itu mengganggu perjalanan mereka. Mungkin banyak di antara kita bermental seperti para murid yang berpikir bahwa keselamatan adalah status quo bagi kita. Kita sudah dibaptis dan sudah cukup, ternyata belum cukup. Kita harus percaya, mengimani Tuhan Yesus. Iman itu bisa meruntuhkan batas-batas kehidupan.

Doa: Tuhan Yesus, tambahlah iman kami supaya bisa menghadirkan Kerajaan kasih-Mu di dunia ini. Semoga sepanjang hari ini kami juga bisa mencari dan menyelamatkan jiwa-jiwa sesama kami. Amen

PJSDB