Fresh Juice 27 Maret 2013 – Mat. 26:14-25 : Siapakah Yudas Iskariot ?

Play

Pembawa Renungan : Rm. John Laba, SDB

Yes. 50:4-9a;
Mzm. 69:8-10,21bcd-22,31,33-34;
Mat. 26:14-25

 

Siapakah Yudas Iskariot?
Judas Iskariot adalah murid yang menghianati Yesus. Menurut Kitab Suci, dia memimpin segerombolan pasukan bersenjata ke Taman Getzemani dimana Yesus sedang berdoa dan memberi satu tanda yaitu menciumNya. Setelah mencoba untuk melawan sesaat, Yesus ditangkap dan dibawa kepada pemimpin agama Yahudi.  Mereka menginterogasi Dia kemudian menyerahkanNya kepada Gubernur Romawi Ponsius Pilatus yang kemudian memerintahkan Dia untuk disalibkan.
Dalam Kitab Perjanjian Baru ada dua versi mengenai kematian Judas.  Dalam Injil Matius 27:3-5 mengatakan bahwa dia sangat menyesal atas perbuatannya dan mengembalikan uang sogokkan tersebut dan kemudian menggantungkan diri. Dan dalam Kisah Para Rasul  1:18 tertulis: “Dengan hadiah yang diperolehnya dengan keji, Judas membeli sebidang tanah, dan disana dia jatuh dengan kepala terbentur dan tubuhnya hancur dengan usus-usus terburai.” Kelihatan di sini ada perbedaan atau ada ketidak pastian mengenai bagaimana dia meninggal.
Karena Judas adalah nama yang umum di Palestina kuno, penulis Injil biasa menambahkan nama keluarga Iskariot untuk lebih jelas siapa yang dimaksudkan. Dalam Injil Yohanes 6:71 menyebutnya sebagai Judas Iskariot anak Simon. Dia bertanggung jawab untuk keuangan para murid, menyimpan uang dalam kotak dan belanja untuk kepentingan komunitas sesuai kebutuhan. Injil Yohanes 12:6 mengatakan bahwa terkadang dia mencuri uang dari kotak untuk kepentingan pribadi.
Tetapi banyak ahli agama percaya bahwa Judas melakukannya atas kehendak bebasnya dan harus dihukum untuk itu. Dalam Matius 26:24 Yesus berkata: “Terkutuklah manusia yang menghianati anak manusia, akan lebih baik kalau dia tidak pernah dilahirkan”. Penulis Dante Alighieri jelas setuju karena dalam karyanya “Kobaran Api” dia mengutuk Judas sampai ke tingkatan neraka yang paling bawah dan dihancurkan secara kekal oleh gigi setan.
Siapakah Judas sebenarnya? Nama asli keluarga Iskariot tidak pasti.  Menurut sebuah teori, nama tersebut berarti orang dari Kereoth sebuah kota tua di daerah Judea.  Jika hal ini benar maka Judas berasal dari Palestina Selatan, sedangakan murid yang lain dari Galilea,- Palestina Bagian Utara. Menurut teori yang lain lagi, nama Iskariot berasal dari kata latin “sicarius” artinya  pembuat pedang.  Orang sicari adalah pembunuh pemberontak yang menolak bangsa Roma yang saat itu sedang menjajah mereka. Jadi, Judas kemungkinan adalah anggota dari kelompok ini (napi yang dibebaskan – Barnabas juga kemungkinan berasal dari kelompok yang sama)
Mungkin gambaran yang paling memiliki nilai seni dari Judas adalah “Ciuman Judas” oleh Giotto di Bondone, c.1306, sebuah ikon di Kapel Scrovegni, Padua, Italia.   Gambaran lain yang terkenal ada di lukisan  Leonardo da Vinci tentang Perjamuan Malam Terakhirdisini pelukisnya menggambarkan Judas sebagai orang yang lebih kecil dan hitam dibandingkan dengan murid lainnya dan membawa tas yang kemungkinan berisi uang sogokan.
Yudas mengkhianati Yesus satu kali dan langsung selesai. Kita mengkhianati Yesus berkali-kali karena harta, kedudukan dan popularitas. Kita juga mengkhianati saudara dan saudari kita. Yudas ada juga di dalam hati kita. Mari kita berobat.
Doa: Tuhan, ampunilah kami orang berdosa, yang selalu mengkhianati Engkau. Amen