Fresh Juice 12 April 2013 – Yoh. 6:1-15 : 5 + 2 = 7

Play

Pembawa Renungan : RD Yosef Setiawan
Gua Maria Belinyu – Bangka

Kis. 5:34-42;
Mzm. 27:1,4,13-14;
Yoh. 6:1-15

Saudara-saudara terkasih, Tuhan Yesus mengadakan mukjizat penggandaan roti berkat kerelaan seorang anak berbagi bekalnya.Kerelaan berbagi ditunjukkan oleh anak. Ia rela menyerahkan bekal 5 roti dan 2 ikan yang ia bawa. Sementara yang lainnya hanya jadi penonton. Andreas bahkan mempertanyakan…meragukan serta meremehkan, apa artinya itu untuk orang sebanyak ini? Padahal Yesus ada bersama mereka.

Kita pun sering meragukan dan meremehkan apa yang kita miliki….meragukan kemampuan,entah itu intelektual/financial/fisik /bakat yang ada pada kita. “Apa artinya itu?” Sikap ragu akan kemampuan itulah yang menyebabkan kita enggan untuk berbagi. “Bagaimana aku bisa berbagi kalau aku sendiri merasa kurang?” “Bagaimana aku bisa memberi kasih sayang, kalau aku sendiri masih merasa butuh kasih sayang… karena aku dilahirkan dari keluarga broken home, papa mama sudah meninggal sejak aku kecil…dlsb…”, begitu kita sering membela diri.. alasan yang muncul dari bawah sadar kita.

Kita lupa bahwa Tuhan Yesus mampu melipatgandakan apapun, bukan hanya roti. Ia mampu melipat gandakan kemampuan kita.

Saudara-saudari….. Tuhan Yesus yang akan menyempurnakannya…. Kita bawa segala yang kita miliki, kekurangan kita, kepada Yesus, biar Dia memberkati sehingga bisa berlipat ganda….5 ditambah 2 sama dengan 7, angka sempurna! yang keliatannya kurang malah jadi sempurna! Kuncinya: ada kerelaan kita untuk berbagi dan menyerahkannya pada TUhan agar diberkati.

Dengan berbagi, kita bukan jadi kekurangan…justru malah makin berlimpah. Kemampuan kita makin bertambah, relasi kita makin bertambah…rejeki juga makin bertambah. Kalau disimpan untuk sendiri saja, tidak akan bertambah apa2…

Awalnya saya juga ragu ketika mau masuk seminari. Apakah saya bisa memberi makanan rohani kepada umat? Saya kan dari keluarga sederhana, dari Srengseng Sawah, daerah pinggiran. Dll. tapi dengan kesediaan dan mempersembahkannnya kepada Tuhan, saya dimampukan.

Ayoo berbagi… berikan dirimu untuk Tuhan dan sesama. anak-anak yang punya bakat tarik suara, main music. Ayo berbagi dengan yang lain, persembahkan talenta kita pada Tuhan Yesus agar diberkati dan Dia akan melipat gandakannya… Ayo kita semua berbagi pada yang lemah, miskin dan tersingkir…

Tuhan memberkati (+)

RD YOSEF SETIAWAN