Fresh Juice 17 April 2013 – Yoh. 6:35-40: Datang dan Percayalah pada Yesus!

Play

Pembawa Renungan : Rm John Laba, SDB

Kis. 8:1b-8;
Mzm. 66:1-3a,4-5,6-7a;
Yoh. 6:35-40

Datang dan Percayalah pada Yesus!

Pada suatu perayaan Ekaristi, Pastor paroki memberi homili yang sangat sederhana. Homili singkat dan menarik yang pernah saya dengar. Ia meminta semua umat yang hadir dalam perayaan Ekaristi untuk menutup mata, membayangkan Yesus berdiri dengan tangan terbuka sambil mengucapkan kata ini: “Datanglah kepadaKu…Datanglah kepadaKu”. Setelah selesai perayaan Ekaristi, seorang pemuda memghampiri pastor paroki dan berkata: “Romo, baru kali ini homilinya membuatku tersentuh” Romonya bertanya, “Apa yang membuatmu tersentuh?” Pemuda itu menjawab, “Karena Romo membantuku untuk berpikir dan berefleksi bahwa Tuhan sungguh ada dan Ia memanggilku untuk datang kepadaNya”. Pada saat itu Pastor parokinya bahagia, anak muda itu lebih bahagia karena diajak untuk datang kepada Tuhan.

Hari-hari ini kita mendengar diskursus Yesus tentang Roti Hidup. Sebuah tema penting dalam Injil Yohanes. Setelah banyak orang makan ikan dan roti di Tabga, mereka ramai-ramai mengikuti Yesus. Ada satu motivasi yang ingin mereka peroleh dari Yesus yaitu makan dan minum gratis karena mereka yakin bahwa roti dan juga ikan itu turun dari Surga sebagaimana dialami nenek moyang mereka di padang gurun. Terhadap motivasi ini Yesus berkata kepada mereka supaya mereka sadar bahwa bekerja bukan hanya untuk makanan dan minuman yang dapat binasa. Bekerja yaitu mewujudkan pekerjaan-pekerjaan Allah Bapa yakni percaya kepada Yesus. Mengapa? Karena Yesus adalah satu-satunya Roti Hidup. Barang siapa datang kepada Yesus, ia tidak akan lapar lagi. Barang siapa percaya pada Yesus, ia tidak akan haus lagi.

Yesus mengajak mereka untuk datang kepadaNya, namun mereka yang mendengarNya masih belum percaya juga. Yesus berkata: “Semua orang yang diberikan Bapa kepadaKu akan datang kepadaKu, dan barangsiapa datang kepadaKu ia tidak akan Kubuang”. Yesus mau mewujudkan kehendak Bapa di dalam hidupNya dengan menerima dan menebus semua orang yang diberikan Bapa kepadaNya. Misi Yesus adalah menyelamatkan semua orang. Hal yang penting di sini adalah datanglah dan percayalah kepada Yesus. Pertanyaan bagi kita semua: Apakah kita sungguh-sungguh datang dan percaya pada Yesus. Apakah semua perayaan ekaristi dan sakramen-sakramen di dalam Gereja, sungguh-sungguh membuat kita memiliki kerinduan untuk datang dan percaya pada Yesus?

Doa: Tuhan, terima kasih karena Engkau adalah Roti Hidup yang menyelamatkan kami. Bantulah kami supaya sepanjang hari ini, hidup kami senantiasa berkenan padaMu dan sesama kami. Amen

Rm John Laba, SDB